Inbound Marketing, Strategi Marketing Efektif


Inbound marketing adalah strategi marketing yang memberdayakan media internet. Keunggulan internet menjadi penopang suksesnya strategi inbound marketing.


Tujuan utama dari Inbound Marketing adalah bagaimana usaha atau brand Anda mudah ditemukan oleh para pengguna internet yang diantaranya merupakan target audience Anda. Adapun cara mencapai tujuan utama inbound marketing adalah dengan memaksimalkan kinerja blog dan social media, serta pemahaman cara kerja search engine.
Di era internet kini, para audience memiliki kebebasan untuk memilih hal yang ingin mereka saksikan. Sebab itu, metode mengejar audience dengan TVC (Television Commercial), iklan onboard, iklan majalah dan iklan dengan media konvensional lainnya, tak lagi dianggap efektif, sebab terkesan random dan kurang bisa tersegmentasi pemirsanya. Sebaliknya, dengan menerapkan strategi inbound marketing, distribusi iklan dapat lebih tersegmentasi kepada audience potensial.
Jika Anda tak sesegera mungkin memanfaatkan perkembangan tekhnologi dalam strategi marketing Anda, maka rancangan kegiatan promosi Anda bisa jadi tak lagi solutif. Inbound marketing membuat advertiser tak lagi berperan untuk menjajakan, melainkan memberi kesempatan pada audience untuk berperan aktif mencari iklan dan brand yang dikehendaki. Menerapkan inbound marketing sebagai strategi promosi Anda tidak sulit. Namun, ada beberapa hal yang tidak boleh lupa untuk diperhatikan. Adapun hal yang harus diperhatikan dalam menerapkan inbound marketing, ialah:
  • Blog
    Pada blog, para advertiser bisa memuat ragam hal keunggulan usaha/brandnya. Jangan lupa untuk membuat konten yang unik dan berkaitan dengan hal yang Anda tawarkan. Terapkan metode SEO dalam tiap tulisan dalam blog Anda, agar tulisan Anda mudah ditemukan oleh sistem search engine
  • SEO (Search Engine Optimisation)
    Pelajari tentang sistem search engine. Pahami bagaimana mesin pencari merambah tulisan dan postingan Anda
  • Social Media
    Maksimalkan penggunaan jejaring sosial. Adanya unsur sharing membuat para target audience lebih tertarik untuk mencoba hal yang ditawarkan advertiser. Memiliki identitas dan kesan yang positif dan terfokus, membuat Anda unggul dibanding dengan para kompetitor. Sehingga, saat ada audience potensial yang mencari, mereka akan menemukan Anda sebagai yang terbaik diantara usaha/brand serupa lainnya.
Hal lain dari inbound marketing yang tak boleh disepelekan adalah menjaga kepercayaan dan kepuasan konsumen. Jangan terlampau muluk memberikan janji-janji yang berkaitan dengan kualitas usaha/brand Anda. Biarkan audience memilih dan menemukan Anda. Yang perlu Anda lakukan, adalah meningkatkan kualitas, sembari meningkatkan brand awareness.
Inbound Marketing, Strategi Marketing Efektif Inbound Marketing, Strategi Marketing Efektif Reviewed by The Source on April 15, 2015 Rating: 5

No comments